Popular Posts

Keindahan Danau Kaolin, Bangka Dengan Air Birunya

Keindahan Danau Kaolin, Bangka Dengan Air Birunya




Bicara tentang wisata Bangka Belitung ada salah satu daya tarik wisata, yang wajib anda kunjungi ketika liburan.Namanya adalah danau Kaolin Bangka Belitung.
Meski hanya berupa kawasan bekas tambang, akan tetapi banyak wisatawan yang menyesal jika mereka tidak singgah di tempat ini.
Sebenarnya ini memang bekas tambang mineral kaolin. Kaolin menjadi salah satu kekayaan hasil tambang dari bumi Belitung. Lokasi dari danau Kaolin, Bangka ini berada di desa Air Raya, Tanjung Pandan, Belitung, provinsi Bangka Belitung.


Apa Saja yang Menarik di Danau Kaolin, Bangka ini?


Di tempat ini, anda akan menemukan pemandangan yang sangat mempesona sepanjang mata melihat. Seperti timbunan timbunan galian layaknya bukit di area danau yang sekilas mirip di Gunung Bromo yang mini namun memiliki warna putih. Di tengah danau terlihat sebuah daratan yang seolah menghubungkan antar ujung danau.

Bagi yang hobi fotografi di sini menjadi tempat paling cocok dalam mencari objek foto.
Paduan warna biru air dengan dinding batu berwarna putih seperti sedang diliputi salju, menjadi kolaborasi warna yang menakjubkan.

Rute Menuju Danau Kaolin
Danau ini lokasinya masih dekat dengan pusat kota Tanjungpandan. Hanya hanya perlu waktu 10 menit untuk sampai ke danau. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, sebab angkutan umum di sini sangat minim.

Menjelang sampai di lokasi anda akan memasuki jalan tanah, jalan yang berkontur seperti tanah padat saja.

Nampak disekitar area galian-galian bekas tambang zaman dulu terlihat tak terurus, dihiasi rumput-rumput dan diselingi dengan tanaman liar disana sini yang tumbuh subur mengitarinya.

Sebentar lagi anda akan melihat perpaduan gundukan-gundukan tanah berwarna putih salju dengan air danau yang berwarna biru terbentang di mata anda. Sejauh jauh mata terbentang sekeliling anda, itulah yang anda lihat. Entah apa yang anda katakan nanti, masing orang beda dengan  caranya sendiri tapi ada kesamaan ‘bekas galian kok bisa berubah jadi pemandangan yang indah menarik seakan akan di negera-negara belahan dunia bagian utara saja’.

Fasilitas, dan Tiket Masuk.


Di tempat ini tidak ada fasilitas umum sebab area ini belum dikelola. Untuk masalah penginapan, anda bisa menginap di kota Tanjungpandan dengan berbagai macam harga hotel dan penginapan yang terjangkau.
Harga tiket masuk di danau ini masih gratis. Anda hanya cukup membayar parkir kendaraan. Tips untuk mengunjungi danau Kaolin, Bangka, anda harus menyiapkan kamera terbaik anda agar dapat berfoto sampai puas. Selain itu, anda harus membawa bekal sendiri dari rumah karena belum ada yang menjual makanan ataupun minuman di tempat ini.

Silahkan berikan kesan anda disini jangan lupa.
Tapi untuk bekal anda, yang ingin membuktikan pemandangan di danau Kaolin, Bangka ini, cobalah ikuti pesan berikut mungkin berguna untuk anda bandingkan.
Ada sisi lain yang anda akan temukan disekitar sana, ketika anda menjelajah , anda akan menemukan danau yang lain dengan warna air yang hijau.

Ketika sore tiba, jangan buru-buru beranjak, menjelang matahari terbenam nun jauh disisi barat sana, tunggu sebentar, nantikan panaroma senja di Air Bara, bagaimana menggodanya warna jingga khas senja yang menghiasi Air Bara.
Mengunjungi danau dua warna air bara, punya resiko karena belum banyak terpasang pengaman di sekeliling danau, tanah tidak rata, anda dapat dengan mudah tersandung, karena anda tidak melihat jalan, anda hanya memikirkan keindahan danau dan sekitarnya yang tidak ingin anda lewatkan.

Selalulah waspada , hati-hati dibagian bagian tertentu yang anda tidak ketahui ada tanahnya yang labil rawan longsor.

Bagaimana menggelitik dihati anda untuk berenang, sebaiknya jangan lakukan, karena kemungkinan ada proses kimia yang membahayakan kesehatan kulit anda siapa tahu.

Dan sebaiknya manfaatkan waktu pagi antara jam sembilan sampai jam sebelas untuk mendapatkan pemandangan indah danau dan sore hari jangan terlalu siang matahari terlalu terik, atur supaya bisa hadir pada waktu antara tiga sampai lima sore. OK Selamat bersenang-senang. Jangan lupa. Dan jangan lupa tetap ibadah disana ada anugerah Allah Swt jalan untuk syukur padaNya.

No comments:

Post a Comment